WELCOME TO MY BLOG

all about song..

Rabu, 12 Oktober 2011

S1 keperawatan Universitas Muhammadiyah Malang

PROFILE  PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN (S-1)
    
    Program studi Ilmu Keperawatan FIKES UMM yang berdiri berdasarkan SK Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor : 3368/D/T/2006 tertanggal 4 September 2006 bertujuan meluluskan sarjana keperawatan yang professional dan kompeten di bidang keperawatan dengan memiliki kekokohan intelektual, kedalaman spiritual, moral yang tinggi, ketrampilan Keperawatan yang handal dengan kemampuan tambahan dalam bidang Perawatan Gawat Darurat dan Keperawatan Komunitas sehingga mampu berkompetisi di era global.  MASA STUDI  Untuk mendukung tercapainya kompetensi, diterapkan kurikulum pendidikan Ners tahun 2000 ditambah dengan muatan pelengkap institusi sehingga akan menambah daya saing. Berdasarkan hasil lokakarya kurikulum tahun 2007, beban studi yang ditempuh adalah sebesar 152 SKS (7-8 semester) yang diselesaikan pada program akademik dan 24 SKS (2 semester) pada program profesi (Ners) yang ditempuh di lahan praktek baik rumah sakit, panti werdha, puskesmas, maupun masyarakat.
    Dalam upaya menciptakan tenaga yang profesional selama menempuh program akademik dilaksanakanlah:  
•  Pelatihan Pengembangan Kepribadian dan Kepemimpinan (P2KK)
•  Pelatihan internet
•  Pendidikan bahasa inggris setara Diploma 1 sebanyak 16 SKS (bersertifikat)
•  Program peningkatan keterampilan keperawatan.


DOSEN PENGAJAR DAN PENDUKUNG
Staff pengajar terdiri dari dosen dengan kualifikasi pendidikan S1 Keperawatan, S2 Keperawatan, perawat spesialis, dokter spesialis, dan didukung oleh clinical instructor yang berpengalaman.
Sarana dan fasilitas pendukung yang lain adalah:
•  Gedung perkuliahan yang representative dan nyaman untuk belajar
•  Kelas perkuliahan yang didukung oleh multi media lengkap
•  Perpustakaan dengan koleksi buku yang sangat memadai
•  Area hotspot yang memungkinkan mahasiswa mengakses internet di lingkungan UMM
•  Lahan praktek dan net working dengan berbagai institusi yang dikuatkan melalui MOU


VISI, MISI DAN TUJUAN PROGRAM STUDI S1 KEPERAWATAN
Kurikulum Program Studi (S1) Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Malang dikembangan sesuai dengan visi dan misi yang dimiliki Fakultas Ilmu Kesehatan, adalah :

1.1. VISI
Menjadikan Program Studi Ilmu Keperawatan yang terkemuka dan berkeunggulan dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampilan keperawatan berdasarkan nilai-nilai Islam

1.2. MISI  
Misi Program studi ilmu keperawatan Universitas Muhammadiyah Malang, adalah :
 a. Menyelenggarakan Pendidikan keperawatan profesional, sehingga mampu :
Menghasilkan SDM yang:
  1. Memiliki kekokohan intelektual, memiliki kedalaman spiritual dan ,moral yang tinggi, ketrampilan Keperawatan yang handal dan Profesional dengan kemampuan tambahan dalam bidang Perawatan Gawat Darurat dan Keperawatan Komunitas sehingga tercipta kesejahteraan manusia  
  2. Mempunyai kesalehan teologis maupun kesalehan sosial sehingga menjadi perawat profesional yang berakhlakul karimah.
  3. Memiliki kemampuan dasar untuk berkomunikasi dengan bahasa asing
  4. Mampu bersaing dengan SDM lulusan Regional, Nasional maupun Internasional
b. Menyelenggarakan Penelitian
 Menghasilkan Produk Penelitian:
•  Bidang ilmu keperawatan, Institusional Keperawatan, Unggulan Keperawatan dan perkembangan Keperawatan di tingkat Regional, Nasional dan Internasional
•  Meliputi: Penelitian Dasar, terapan, dan kebijakan khususnya Bidang Keperawatan Dasar, Keperawatan Klinik (Anak, Maternitas, Medikal Bedah, Gawat Darurat, Jiwa) dan Keperawatan Komunitas
•  Berkualitas dan terus ditingkatkan sehingga unggul di tingkat regional, nasional maupun internasional
Menyelenggarakan Pengabdian Kepada masyarakat (PKM)  Menghasilkan PKM :
•  Meningkatkan Keterpaduan Peran Keperawatan dan fungsi PKM
•  Memberdayakan Masyarakat dalam menghadapi masalah kesehatan / keperawatan dengan penekanan pada upaya preventif dan promotif
•  Memberikan bantuan layanan konsultatif tentang keperawatan kepada masyarakat
•  Menerapkan pendekatan model asuhan keperawatan keluarga yang profesional dengan pendekatan keluarga sakinah dengan mengaktifkan peran keluarga dalam memberikan asuhan
•  Memberikan bantuan dengan memanfaatkan teknologi tepat guna dalam melaksanakan asuhan keperawatan

1.3. TUJUAN
1.3.1 Tujuan Akademik
Tujuan Pendidikan tahap program akademik adalah mendidik mahasiswa melalui proses belajar mengajar sehingga memiliki sikap dan kemampuan sebagai berikut:
•  Melaksanakan Praktik Keperawatan Secara Akontabel, Etik, Dan Legal dengan berpedoman pada Ajaran Islam
 •  Melaksanakan praktik keperawatan secara bertanggung jawab dan bertanggung gugat (Accountability)
1). Mengenal peran, fungsi, tanggung jawab dan tanggung gugat perawat dengan penuh kesalehan Intelektual, kesalehan teologis maupun kesalehan sosial sesuai visi dan misi keperawatan pada Universitas Muhammadiyah Malang.
2) Mengidentifikasi masalah dan solusi yang berkaitan dengan peran, fungsi tanggung jawab, dan tanggung gugat perawat untuk memenuhi KDM
3) Menganalisa dan menetapkan alternatif penyelesaian masalah yang berkaitan dengan peran, fungsi, tanggung jawab dan tanggung gugat dalam asuhan Keperawatan
4) Melaksanakan peran, fungsi, tanggung gugat dalam asuhan Keperawatan secara komprehensif pada kasus yang kompleks
•  Melaksanakan Praktik keperawatan berlandaskan kaidah etik
a. Mengenal kode etik dan prinsip etik Keperawatan berdasarkan hak-hak klien sesuai dengan nilai-nilai budaya, spiritual, sosial dan politik 
b. Mengidentifikasi, kode etik dan prinsip etik dalam pemenuhan kebutuhan dasar manusia
c. Menganalisa dan menerapkan kode etik dan prinsip etik dalam asuhan Keperawatan
d. Menerapkan kode etik dan prinsip etik dalam asuhan Keperawatan secara komprehensif pada kasus yang kompleks
•  Melaksanakan Praktik keperawatan berlandaskan aspek legal
a. Mengenal aspek-aspek hokum dan peraturan yang berkaitan dengan kesehatan
b. Mengidentifikasi aspek-aspek hokum dan peraturan dalam pelayanan kesehatan
c. Menganalisa dan menetapkan aspek-aspek hokum dan peraturan yang berkaitan dengan kesehatan dalam asuhan Keperawatan
d. Menerapkan aspek-aspek hokum dan peraturan yang berkaitan dengan kesehatan dalam asuhan Keperawatan secara komprehensif pada kasus yang komplek
•  Melaksanakan Asuhan keperawatan
a. Menerapkan ilmu dalam praktik Keperawatan  
b. Mengembangkan pola berfikir kritis dalam praktik Keperawatan  
c. Memberikan pendidikan kesehatan  
d. Melakukan kolaborasi dengan tim kesehatan yang lain  
e. Menganalisis hasil pemeriksaan diagnostik  
f.  Melakukan pengambilan keputusan dengan tindakan Keperawatan  
g. Melakukan advokasi Keperawatan  
h. Melakukan komunikasi Keperawatan  
i.  Memberikan asuhan keperawatan dengan menggunakan proses Keperawatan  
j.  Melakukan sistem rujukan 

• Manajemen Kesehatan & Keperawatan  
a. Mengelola lingkungan pelayanan kesehatan dan Keperawatan  
b. Menerapkan prinsip kepemimpinan  
c. Melakukan delegasi dan supervisi  
d. Melakukan pengelolaan sumber daya pelayanan  
e. Mengelola penerapan sistem model asuhan Keperawatan  
f.  Mengelola sistem informasi manajemen  
g. Mengembangkan Profesionalisme  

• Meningkatkan Profesionalisme Keperawatan  
a. Meningkatkan dan mempertahankan citra profesi Keperawatan  
b. Memperjuangkan hak untuk berperanserta di dalam pengembangan kebijakan dan rencana program kesehatan  
c. Mengelola penelitian untuk mengembangkan Keperawatan  
d. Bertindak sebagai role model yang efektif  
• Meningkatkan Kualitas Pelayanan  

TUJUAN PROGRAM PROFESI 
Tujuan Pendidikan tahap profesi adalah mempersiapkan mahasiswa melalui penyesuaian profesional dalam bentuk pengalaman belajar klinik dan lapangan secara komprehensif, sehingga memiliki kemampuan profesional sebagai berikut :  
•  Menerapkan konsep, teori dan prinsip ilmu perilaku, ilmu sosial, ilmu biomedik dan ilmu keperawatan dalam melaksanakan asuhan keperawatan kepada individu, keluarga, komunitas dan masyarakat  
•  Melaksanakan asuhan keperawatan dari masalah yang sederhana sampai masalah yang kompleks secara tuntas melalui pengkajian, penetapan diagnosa keperawatan, perencanaan tindakan keperawatan, implementasi dan evaluasi baik bersifat promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif, sesuai batas kewenangan, tanggung jawab dan kemampuanya serta berlandaskan islam dan etika profesi keperawatan.  


LABORATORIUM KEPERAWATAN  
Laboratorium Keperawatan memiliki beberapa laboratorium meliputi: 
laboratorium keperawatan medikal bedah, laboratorium keperawatan maternitas, laboratorium keperawatan anak, laboratorium keperawatan jiwa, dan laboratorium keperawatan komunitas. 
Fasilitas laboratorium untuk menunjang ketrampilan mahasiswa di bidang keperawatan sudah sangat memadai dengan desain menyerupai mini hospital . 


MINI HOSPITAL 
    Yaitu setting yang menggambarkan keadaan di rumah sakit, sehingga diharapkan peserta didik memiliki gambaran yang nyata tentang keadaan di rumah sakit yang sebenarnya dan dapat memudahkan dalam proses pembelajaran ketrampilan keperawatan. Laboratorium Keperawatan Dasar  Merupakan tempat untuk melatih dan praktikum keterampilan keperawatan dasar yang dilengkapi dengan ruang demonstrasi dan peralatan yang dibutuhkan untuk tindakan-tindakan pemenuhan kebutuhan dasar manusia.  Keperawatan Medikal-Bedah dan Keperawatan Gawat Darurat berada di lantai II, memiliki gambaran tentang setting UGD (Unit Gawat Darurat), Ruang Observasi (ICU) dan Ruang Rawat Inap. Dilengkapi dengan ruang tunggu, meja resepsionis dan Nursing Station, serta almari alat untuk tindakan invasif. Dilengkai dengan ruang demontrasi yang digunakan untuk pembelajaran secara klasikal dengan metode demonstrasi dan simulasi.  Laboratorium Keperawatan Anak terdiri dari ruang penerimaan/ruang tindakan yang menggambarkan Poli Anak, ruang observasi/PICU (Pediatric Intensive Care Unit), dan ruang rawat inap dan dilengkapi dengan meja resepsionis, Nursing Station dan ruang bermain sekaligus alat permainnanya.  
    Laboratoirum Keperawatan Maternitas terdiri dari Ruang Pre Natal yaitu ruang pemeriksaan kehamilan atau yang terkait dengan ANC (Ante Natal Care), Ruang Natal yaitu ruang untuk menolong persalinan sekaligus perawatan baru lahir, Ruang Post Natal yaitu ruang rawat inap bagi ibu setelah melahirkan. Dilengkapi dengan meja resepsionis, Nursing Station, dan Pojok Laktasi serta Ruang Konseling.  Laboratorium Keperawatan Jiwa terdiri dari satu ruang pemeriksaan sekaligus sebagai ruang rawat inap, ruang Terapi Aktifitas Kelompok (TAK) sekaligus kelengkapannya serta ruang kegiatan/ruang diskusi yang digunakan sebagai ruang rehabilitasi bagi pasien gangguan jiwa dilengkapi dengan meja resepsionis, Nursing Station, dan kelengkapan Terapi Okupasi (terapi musik, olah raga dan kegiatan lainnya).  Laboratorium Keperawatan Komunitas yang menggambarkan Puskesmas Mini, yang terdiri dari ruang tunggu, ruang penerimaan/loket, ruang tindakan/BP (Balai Pengobatan), ruang penyuluhan dan alat pendukungnya, ruang diskusi, dan miniatur Posyandu yang terdiri dari lima meja posyandu (pendaftaran, penimbangan, imunisasi, tindakan, konseling)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar